Selasa, 24 Juni 2014

Pengertian HotSpot dan Wifi

HotSpot

Hotspot adalah point koneksi untuk jaringan Wi-Fi, yang biasanya berbentuk sebuah kotak kecil berisi perangkat 802.11 untuk ‘berkomunikasi’ dengan perangkat 802.11 pada komputer pemakai. Jadi secara umum dapat diartikan HotSpot merupakan tempat Access point berada.
“Access Point adalah peralatan LAN yang menghubungkan peralatan nirkabel dengan jaringan LAN. “
Contoh kasarnya adalah BTS yang digunakan untuk memberi sinyal buat handphone (HP), sedangakan untuk WiFi sendiri, contohnya adalah Ethernet.

WiFi (Wireless Fidelity)

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan sebutan untuk standar jaringan atau network tanpa kabel (nirkabel) dengan menggunakan Frekuensi Radio yang sering dikenal dengan RF (Radio Frequency). Di mana pada awalnya Wi-Fi hanya ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel (jaringan tanpa kabel) dan LAN (Local Area Network), namun pada saat ini WiFi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Sehingga dalam hal ini sangat memungkinan apabila seseorang dengan komputer yang berisikan fitur wireless card atau PDA (Personal Digital Assistant) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau yang lebih dikenal dengan istilah “hotspot” .
Keuntungan terbesar dari menggunakan WiFi yaitu sangat praktis, dimana komputer dapat terhubung ke jaringan tanpa membutuhkan kabel.

Tipe-tipe WiFi yang paling umum, diantaranya :

1.Wi-Fi dengan standar 802.11b bekerja pada frekuensi 2.4GHz.
Merupakan tipe Wi-Fi yang pertama diluncurkan, juga paling lambat dan lebih murah dibandingkan dengan 2 tipe lainnya. 802.11b dapat mentransmit data sampai 11 megabits per detik.
2. Wi-Fi dengan standar 802.11a bekerja pada frekuensi 5 Ghz.
Merupakan Wi-Fi yang muncul setelah 802.11b. Tipe ini dapat mentransmit data sampai 54 megabits per detik, namun memiliki infrastruktur yang lebih mahal dibandingkan dengan 2 tipe lainnya
3. Wi-Fi dengan standar 802.11g
Merupakan gabungan dari 2 tipe sebelumnya. Tipe ini bekerja pada frekuensi 2.4GHz seperti 802.11b sehingga memiliki harga yang murah, namun dapat mentransmit data sampai 54 megabits per detik seperti tipe 802.11a.
” Frekuensi 2.4GHz adalah frekuensi yang juga banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti microwave, bluetooth, telepon wireless dan sebagainya. “

Source : http://www.itgagal.com/2011/12/10/pengertian-hotspot-dan-jenis-jenis-wifi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar