Rabu, 25 Juni 2014

Pengertian Internet Security

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat terbuka di dunia, konsekuensi yang harus di tanggung adalah tidak ada jaminan keamanan bagi jaringan yang terkait ke Internet. Artinya jika operator jaringan tidak hati-hati dalam menset-up sistemnya, maka kemungkinan besar jaringan yang terkait ke Internet akan dengan mudah dimasuki orang yang tidak di undang dari luar. Adalah tugas dari operator jaringan yang bersangkutan, untuk menekan resiko tersebut seminimal mungkin. Pemilihan strategi dan kecakapan administrator jaringan ini, akan sangat membedakan apakah suatu jaringan mudah ditembus atau tidak.


Internet Security

Usaha untuk mencegah seseorang melakukan tindakan-tindakan yang tidak kita inginkan pada komputer, perangkat lunak, dan piranti yang ada di dalamnya sehingga semuanya tetap dalam keadaan ideal yang kita inginkan’


Apa yang dilindungi
Þ Data anda
Þ Resource anda
Þ Reputasi anda

Terhadap apa
Þ Penerobosan
Þ Denial Of Service
Þ Pencurian Informasi


Tujuan Internet Security:
Þ Kerahasiaan
Þ Integritas Data
Þ Ketersediaan data pada saat kita memerlukannya

Internet Security untuk user:
Þ Mengamankan data
Þ Menjaga kerahasiaan data

Yang biasa dilakukan user:
Þ Downloading file
Þ Mengirim dan menerima email

Tips menjaga keutuhan data:
Þ Jangan percaya pada software apapun yang di download
Þ Jangan langsung mengeksekusi attachment email
Þ Gunakan selalu software antivirus


Utuk mempelajari tentang system keamanan internet maka penting juga kita akan mengenal hacker dan craker
Hacker
· Terdiri dari seorang atau sekumpulan orang yang secara berkelanjutan berusaha untuk menembus sistem pengaman kerja dari operating system suatu komputer.
· Para hacker yang sudah berpengalaman dapat dengan segera mengetahui kelemahan sistem pengamanan (security holes) dalam sebuah sistem jaringan komputer.
· Kebiasaan hacker adalah terus mencari pengetahuan baru atau target baru dan mereka akan saling menginformasikan satu sama lainnya.
· Pada dasarnya para hacker sejati bermaksud untuk merusak data di dalam jaringan tersebut.

Craker
· Seorang atau sekumpulan orang yang memang secara sengaja berniat untuk merusak dan menghancurkan integritas di seluruh jaringan sistem komputer disebut cracker dan tindakannya
· Pada umumnya para cracker setelah berhasil masuk ke dalam jaringan komputer akan langsung melakukan kegiatan perusakan dan penghancuran data-data penting hingga menyebabkan kekacauan bagi para user dalam menggunakan komputernya.
· Kegiatan craker ini mudah dikenali dan dapat segera diketahui dari dampak hasil kegiatan yang mereka lakukan.


Beberapa istilah yang akan kita ketahui yang berhubungan dengan internet security

SPYWARE

Spyware masuk ke dalam kategori malicious software, yang bertujuan untuk mengambil alih sebagian kontrol dari PC dan melakukan monitoring kegiatan yang terjadi pada PC tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu ataupun hanya sekadar pemberitahuan kepada si pengguna PC. Setelah memperoleh data dari hasil monitoring tersebut, maka nantinya spyware akan melaporkan aktivitas yang terjadi pada PC tersebut kepada pihak ketiga. Dalam hal ini adalah pembuat spyware tersebut.
Beberapa contoh spyware yang lain yang biasa menyerang para pengguna Internet adalah CoolWebSearch, Internet Optimizer yang dikenal juga dengan nama DyFuca, 180 Solutions, dan HuntBar yang dikenal juga dengan nama WinTools atau Adware.Websearch yang secara luas spyware tersebut didistribusikan oleh Traffic Syndicate.

HIJACKING

Setelah melakukan browsing Internet selama berjam-jam, Anda baru menyadari bahwa ada yang salah dengan browser Anda. Mungkin kejadiannya bisa seperti berikut. Jika Anda menutup browser dan kemudian mencoba membuka browser untuk melakukan browsing kembali maka akan muncul website yang tidak Anda kenal sama sekali, padahal Anda merasa sudah menuliskan alamat website yang ingin Anda buka dengan benar dan tidak jarang website tersebut menjadi default home page address pada browser Anda. Apabila hal ini terjadi, tidak salah lagi PC Anda sudah terkena hijacking.

SPAM

Spam1 adalah didefinisikan sebagai “unsolicited email”, yaitu email yang
tidak kita harapkan. Spam ini berupa email yang dikirimkan ke banyak
orang. Biasanya isi dari email ini adalah promosi.
Masalah spam ini berdasarkan pada kenyataan bahwa biaya (cost) untuk
mengirimkan email ke satu orang dan 1000 orang tidak jauh berbeda.
Barrier untuk melakukan mass mailing sangat rendah. Hal ini berbeda
dengan melakukan pemasaran konvensional dimana untuk mengirimkan
sebuah kartu pos atau surat akan jauh berbeda untuk satu orang dan 1000
orang.

WORM

Anda tentu masih ingat iklan di media televisi beberapa tahun silam, "Anak anda cacingan?". Berhubungan dengan cacing, tulisan ini membahas cacing atau istilah asingnya worms. Cacing-cacing di Internet (Worms) adalah autonomous intrusion agents yang mampu melakukan penggandaan-diri dan menyebar dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan sekuriti (security flaws) pada services yang umum digunakan. Worm bukanlah sebuah fenomena baru, ditemukan pertama kali penyebarannya pada tahun 1988. Worms telah menjadi sebuah ancaman yang mematikan di Internet, walaupun sebagian besar kasus yang terjadi secara spesifik adalah pada sistim berbasis Windows. Beberapa jenis worms terbaru memanfaatkan electronic mail (e-mail) sebagai medium penyebarannya.

VIRUS

Istilah virus komputer tak asing lagi bagi kalangan pengguna komputer saat ini. Padahal, sekitar 12 tahun yang lalu, istilah ini telah dikenal oleh masyarakat pengguna komputer. Baru pada tahun 1988, muncul artikel-artikel di media massa yang dengan gencar memberitakan mengenai ancaman baru bagi para pemakai komputer yang kemudian dikenal dengan sebutan ‘virus komputer’. Virus yang terdapat pada komputer hanyalah berupa program biasa, sebagaimana layaknya program-program lain. Tetapi terdapat perbedaan yang sangat mendasar pada virus komputer dan program lainnya. Virus dibuat oleh seseorang dengan tujuan yang bermacam-macam, tetapi umumnya para pembuat virus hanyalah ingin mengejar popularitas dan juga hanya demi kesenangan semata. Tetapi apabila seseorang membuat virus dengan tujuan merusak maka tentu saja
akan mengacaukan komputer yang ditularinya.

Source : http://andinbrawijaya.blogspot.com/2008/07/pengertian-internet-security_01.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar