Budaya berasal dari bahasa latin “ Colere “ yang artinya mengolah atau mengerjakan, kemudian dalam bahasa inggris disebut “Culture” yang artinya cara atau pola hidup masyarakat
Secara Terminologis budaya : adalah suatu hasil dari budi dan atau daya, cipta, karya, karsa, pikiran dan adat istiadat manusia yang secara sadar maupun tidak, dapat diterima sebagai suatu perilaku yang beradab.
Pengertian budaya organisasi
Budaya organisasi adalah sebuah ide dalam bidang studi organisasi dan manajemen yang menggambarkan psikologi, sikap, pengalaman, keyakinan dan nilai-nilai (dan budaya nilai-nilai pribadi) dari sebuah organisasi.Telah didefinisikan sebagai “kumpulan spesifik nilai-nilai dan norma yang dimiliki oleh orang dan kelompok dalam sebuah organisasi dan kontrol yang cara mereka berinteraksi satu sama lain dan dengan pemangku kepentingan di luar organisasi. “ .
- Sistem bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
- Contoh budaya organisasi
- Tingkat kedisiplinan
- Pola kerja
- Langkah- langkah untuk memperkuat budaya organisasi
B. Melakukan pembinaan terhadap anggota organisasi
C. Memberikan contoh atau teladan
D. Membuat acara-acara rutinitas
E. Memberikan penilaian dan penghargaan
G. Tanggap terhadap masalah eksternal dan internal
H. Koordinasi dan kontrol
- Fungsi budaya organisasi
Batas : Budaya menciptakan perbedaaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi yang lain
Identitas : Budaya membawa suatu identitas bagi anggota – anggota dalam organisasi
Komitmen : Budaya memfalisitasi timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih besar daripada kepentingan individu atau pribadi
Stabilitas : Budaya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi dengan memberikan standar –standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan
2. Tipologi budaya organisasi
Pengertian Tipologi merupakan suatu pengelompokan bahasa berdasarkan ciri khas tata kata dan tata kalimatnya (Mallinson dan Blake,1981:1-3).
Tipologi budaya organisasi bertujuan untuk menunjukkan aneka budaya organisasi yang mungkin ada di realitas, Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi misalnya dengan membagi tipe organisasi dengan membuat tabulasi silang antara jenis kekuasaan dengan jenis keterlibatan individu di dalam organisasi.
Beberapa metode telah digunakan untuk mengklasifikasikan budaya organisasi.Ada yang dijelaskan di bawah ini:
Hofstede (1980) menunjukkan bahwa ada budaya nasional dan regional kelompok yang mempengaruhi perilaku organisasi. Hofstede mencari perbedaan nasional antara lebih dari 100.000 karyawan IBM di berbagai belahan dunia, dalam upaya untuk menemukan aspek budaya yang mungkin mempengaruhi perilaku bisnis.
- Jenis kekuasaan dan keterlibatan individu dalam organisasi dibagi menjadi :
B. Remuneratif
C. Normatif
3. Kreatifitas Individu dan Team
Kreativitas merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas merupakan salah satu kebutuhan pokok manusai, yaitu kebutuhan akan pewujudan diri ( aktualisasi diri ) dan merupakan kebetuhan paling tinggi bagi manusia ( maslow, dalam munandar, 2009 ). Pada dasarnya setiap orang dilahirkan di dunia dengan memiliki potensi kreatif, kreativitas dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat ( munandar, 2009 ). Kreativitas team merupakan pikiran dari para anggota untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan kelompok atau organisasi.
Proses Inovasi
Menurut David Neeleman (Pendiri dan CEO JetBlue),
Inovasi merupakan proses berupaya mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada sebelumnya.
Menurut Ibrahim (1989),
Inovasi adalah penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat).
Menurut Amabile et al. (1996),
Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.
Inovasi adalah an idea, practice or object thatperceived as new by an individual or other unit of adoption. Menurut Prof. Azis Inovasi berarti mengintrodusir suatu gagasan maupun teknologi baru, inovasi merupakan genus dari change yang berarti perubahan. Inovasi dapat berupa ide, proses dan produk dalam berbagai bidang.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Nonprofit_organization
http://en.wikipedia.org/wiki/Organizational_culture
http://farid-silentheart.blogspot.com/2011/03/budaya-organisasi.html
http://deanrenanda.blogspot.com/2012/06/pengaruh-tekhnologi-terhadao.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091201215106AAGz7bI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar